Sabtu, 21 Januari 2017

indeks pada jurnal

Kali ini, saya akan mengulas sepuluh jurnal yang terdapat pada situs pencarian indeks yaitu google scholar, dengan kata kunci "Universitas Gunadarma".


1.  Perancangan Prototipe Sistem Pendukung Bergerak Untuk Pemeliharaan Layanan Server Universitas Gunadarma Dengan Menggunakan SMS Interaktif
Penulis : - Setiawan, Budi
                     - Trinugroho, Imam Ahmad
                     - Thalib, Farid
Tahun : 2004
Sumber : http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/3335
   Penulis bertujuan agar sistem pemeliharaan layanan server mencakup pemeliharaan yang dapat dilakukan dimana saja dan terdapat layanan komplain secara online yang dapat dilakukan sesam user yang menggunakan layanan server.

2.  Aplikasi Virtual Reality Gedung 4 Kampus D Universitas Gunadarma Pada Windows7 Dengan Menggunakan Unity5
Penulis : Indahwati, Vicky
Tahun : 2015
   Penulisan membahas tentang aplikasi virtual realitay di universitas gunadarma kampus D gedung 4.


3.  Pemonitoran Traffic Pada Jaringan Komputer Universitas Gunadarma
Penulis : - Soerowirdjo, Busono
                - Marwan, M. Akbar
                - Adi S, M. Faisal
Tahun : 2004
   Penulisan membahas koneksi Internet dengan bandwidth MB melalui leased line.
 
4. Analisis Pengaruh Personalisasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Zalora Indonesia DI Kalangan Mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang
Penulis : Afisma, Vemi
Tahun : 2016
   Penulisan itu membahas karya ilmiah merujuk pada pengaruh personalisasi dengan loyalitas pelanggan zalora


5.  Aplikasi Augmented Reality Pada Obyek Gedung Kampus D Universitas Gunadarma Berbasis Android
Penulis : Pratama, Agus Bayu
Tahun : 2016
   Penulis membahas tentang karya ilmiahnya yang membahas aplikasi yang menyediakan informasi tentang kampus


6. Pengaruh Perilaku Prososial Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma
Penulis : Pratiwi, Kiki
Tahun : 2015
   Penulisan tersebut bertujuan untuk mengetahui prlaku propososial yang memiliki arti segala tindakan apapun yang menguntungkan orang lain terhadap kebahagiaan pada mahasisawa gunadarma.


7.  Aplikasi Informasi Praktikum Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma Menggunakan Phonegap Berbasis Android
Penulis : Ciptaningtias, Meita Dwi
Tahun : 2015
   Penulisan bertujuan untuk agar penyampaian informasi pada laboratorium dapat dilihat lebih mudah di aplikasi android daripada harus melihat di mading atau datang ke ruang praktikum.


8.  Program Aplikasi Pendaftaran Kursus DI Laboratorium S Universitas K Menggunakan Framework Codeigniter
Penulis : Suny, Karima Tiara
Tahun : 2015
   Penulisan bertujuan agar proses pendaftaran kursus tak lagi harus menunggu lama yang bersifat manual. 

9.  Program Aplikasi Pengecekan Jadwal Kuliah Bentrok Pada Universitas Gunadarma Menggunakan Php Dan Mysql
Penulis : Syafei, Hilman
Tahun : 2015
   Penulisan bertujuan agar pengecekan jadwal kuliah bentrok dapat dilakukan dengan cepat.

10.  Hubungan Tindakan Bullying Di Sekolah Dengan Self Esteem Siswa
Penulis : - Septrina, Mega Ayu
                - Liow, Cheryl Jocelyn
                - Sulistiyawati, Febrina Nur
Tahun : 2009
   Penulisan bertujuan untuk mengetahui tindakan bullying dan mencegahnya pada lingkungan sekolah.

 

Minggu, 04 Desember 2016

Gunadarma menang tipis

   Saya mendapatkan tugas softskill untuk mengulas berita tentang gunadarma.
Berikut web yang saya ulas.


   Dalam berita yang dilansir bolalob.com memberitahukan bahwa gunadarma yang mengikutkan tim futsalnya diliga futsal mahasiswa (lifuma) berhasil menang tipis atas binus. Berdarkan keterangan dari berita tersebut, pertandingan antara gunadarma melawan binus dilangsungkan di GOR Ciracas, Jakarta timur, sabtu (1/10).

   Berita tersebut membeberkan dengan lengkap terciptanya gol-gol yang terjadi pada pertandingan sore itu. Yaitu gol pembuka pada menit ke-7 oleh Ilham Akbar dari pihak gunadarma. Pada babak kedua gunadarma berhasil memperlebar jarak mereka dengan mencetak gol kedua yang diciptakan oleh Duwi Ari pada menit ke-22. Dan sebagai penutup binus berhasil mencetak gol sekaligus memperkecil ketinggalan mereka dengan gunadarma. Skor 2-1 tak berubah sampai peluit panjang berakhirnya laga tersebut. Gunadarma akhirnya bisa bernapas lega karena memenangkan pertandingan dengan skor yang sangat tipis.

   Berita itu pun tidak hanya mengabarkan pertandingan antara gunadarma melawan binus saja. Namun pertandingan antara universitas Budi Luhur (UBL) dengan Universitas Muhammad Jayakarta (UMJ) pun diulas yang dikabarkan universitas Budi Luhur menang walk ou (wo) dikarenakan tidak bisa mempersiapkan jersey seusai yang diputuskan oleh panitia.

Sabtu, 19 November 2016

Struktur Aljabar Matematika Informatika

Contoh Soal Dan Pembahasan Struktur Aljabar
Matematika Infomatika

Kelompok 2


Anggota :
1.      ANDO PRATAMA WIBAWA (50415703)
2.      HETY NURBAETI (57415468)
3.      M FATHI FADHILLAH (53415926)
4.      MUHAMMAD AJI PRASETYO (54415474)
5.      RAHMA DEA LESTARI (55415551)
6.      RIZKY ESHA WAHYU UTAMA (56415182)
7.      SETYO BAYU AJI (56415497)



UNIVERSITAS GUNADARMA


1.)  A = {1,2,3,4}
 Apakah A termasuk dalam semigrup dalam operasi penjumlahan (A,+) ?
Jawab.
- Tertutup :
Misal a=1 dan b=2
a*b =  a+b
        =  1+2 = 3     (tertutup)

- Asosiatif :
(a*b)*c =a*(b*c)
(1+2)+3 = 1+(2+3)
             6 = 6          (asosiatif)

 Karena Himpunan A bersifat Tertutup dan Asosiatif maka termasuk dalam Semigrup


2.)   Himpunan bil. Asli P didefinisikan operasi biner :
        x*y = a+2b+ab
       apakah (P,*) termasuk grup abel?
       Jawab :

- Tertutup :
Misal a = 1 dan b =2
a*b =  a+b
        =  1+2 = 3             (tertutup)

- Asosiatif :
(a*b)*c =a*(b*c)
(a+2b+ab)*c = a+(b+2b+bc)
a+2b+ab+c+(a+2b+ab)c = a+b+2b+bc+a(b+2b+bc)
a+2b+ab+c+ac+2bc+abc = a+b+2b+bc+ab+2ab+abc
a+2b+c+ab+ac+2bc+abc = a+3b+bc+3ab+abc                  (tidak asosiatif)

  Karena Himpunan P tidak bersifat Asosiatif maka tidak termasuk dalam grup abel


3.)  Misalkan himpunan bilangan asli N, didefinisikan operasi biner:
       a * b = a + b + ab
       Tunjukan bahwa (N, *) adalah suatu semigrup.

Jawab :

1.Tertutup
Ambil sebarang a, b * N, karena a, b* N, dan ab* N maka
a * b = a + b + ab * N.
Jadi, N tertutup terhadap operasi biner *.

2. Assosiatif
Ambil sebarang a, b, c * N, maka
(a * b) * c = (a + b + ab) * c = (a + b + ab) + c + (a + b + ab) c = a + b + ab + c + ac + bc + ab
a * (b * c) = a * (b + c + bc) = a + (b + c + bc) + a (b + c + bc) = a + b + c + bc + ab + ac + abc

Maka untuk setiap a, b, c * N berlaku
(a * b) * c = a * (b * c)

Jadi, (N, *) merupakan suatu semigrup.

Jika operasi biner pada semigrup (S, *) tersebut bersifat komutatif, maka semigrup (S, *) disebut juga semigrup abel.


4.) Tunjukan bahwa H = {1, 2, 3} adalah bukan merupakan Subgrup dari G = {0, 1, 2, 3, 4, 5} terhadap penjumlahan (G, +).

     Jawab :
H = {1, 2, 3} merupakan himpunan bagian dari G = {0, 1, 2, 3, 4, 5},
sehingga H Í G.
Akan ditunjukan H = {1, 2, 3} memenuhi syarat-syarat suatu Grup :
Ambil sebarang nilai dari H
misalkan 2, 3 Î H
didapat : 2 + 3 = 5
5 ÎG tetapi 5 ÏH, sehingga 5 tidak tertutup terhadap operasi biner (H, +)
Maka H = {1, 2, 3} bukan merupakan Subgrup dari G = {0, 1, 2, 3, 4, 5}


5.)  M = { bilangan bulat}
      M = b + a – 2a
      Apakah (M,*) adalah semi grup?

Jawab:
Ø  Semi grup
    M = { bilangan bulat}
          M = { …, -2, -1, 0, 1, 2,…}
-  Tertutup
Misal a = 7; b = 3
M = a * b = b + a - 2a
                 = 3 + 7 - 2(7)
           = 10 - 14
           = -4

- Asosiatif
      (a*b)*c = a*(b*c)
(b+a-2a)*c = a*(c+b-2b)
             r*c = a*s
        c+r-2r = s+a-2a
c +(b+a-2a)- 2(b + a-2a) = (c+b-2b)+ a-2a
           c+b+a-2b+2a- 4a = c+b-2b+a-2a
                                c-b-a= c-b-a

Kesimpulan : (M,*) merupakan semi grup karena memiliki kiteria tertutup & asosiatif


6.)   Ada sebuah notasi (R,%) dengan rumus “  ”. Jika R adalah bilangan bulat, apakah (R,%) adalah semi grup?

Jawab:

Kesimpulan: (R,%) bukan semi grup karena tidak memenuhi kriteria asosiatif—(c % d) % e dengan c % (d % e) berlawanan hasil.


7.)   Operasi (R,*) berlaku untuk bilangan  Real dengan   a + b =  ab. Apakah termasuk semigrup?
Jawab :

- Tertutup
a + b =  ab              a = 2   b = 5
        =   . 2 . 5
        = 5 (Termasuk Real, jadi tertutup)

- Asosiatif
Kesimpulan : termasuk Semigrup


8.) Operasi (S,-) berupa  a – b =  (a + b) berlaku untuk bilangan asli S. tentukan apakah (S,-) adalah monoid?

Jawab :
S = {bilangan asli}
Misal a = 5
          B =  6
a – b =  (a + b)
          =    (5 + 6)
          = 5,5 (tidak tertutup)

- asosisatif
Kesimpulan : karena tidak tertutup, maka bukan monoid.


9.)    Himpunan bilangan asli dioperasikan kedalam (G,-) dengan a - b = a + b + 3.  Tentukan apakah termasuk kedalam grup?

Jawab :
G = { bilangan asli}
a - b = a + b + 3

- Tertutup
misal a = 2   b = 3
a - b = a + b + 3
         = 2 + 3 + 3
         = 8  (Tertutup, karena merupakan bilangan asli)


- Asosiatif

- Identitas
a * e = a
2 * e = 2
      e = 1  (identitas, karena 1 merupakan bilangan asli)

- Invers
a + a-1= e
2 + a-1= 1
      a-1= 3
kesimpulan : termasuk grup


10.)   D = { 0 , 1}
Apakah D termasuk Grup dalam operasi penjumlahan?
Jawab :
- Tertutup
a * b = a + b
         = 0 + 1
        = 1 ( Tertutup)

- Asosiatif
( a + b ) + c = a + (b + c)
(0 + 1) + 1 = 0 + (1 + 1)
        2          =        2     (Asosiatif)

- Identitas
a * e = a
1 + e = 1
       e = 1

- Invers
a + a-1= e
1 + a-1= 0
      a-1= -1 (tidak sesuai)

kesimpulan : karena hanya memenuhi syarat Tertutup, Asosiatif, dan Identitas saja, maka G termasuk Monoid.


Sabtu, 12 November 2016

program login dengan bahasa c

Tugas algoritma dan pemrograman 3
Nama : Muhammad Aji Prasetyo
NPM : 54415474
Kelas : 2IA14

Program yang saya buat kali ini tentang program login. Ini merupakan tugas algoritma pemrograman 3. program ini mengharuskan kita memasukkan username dan password. username yang saya buat adalah : usersaya dan passwordnya adalah : passaya1. dengan ketentuan apabila kata sandi yang dimasukkan salah, maka pengulangan kata sandi dan username hanya boleh dilakukan sebanyak 3 kali.
berikut adalah flowchartnya.



setelah kita selesai dengan flowchart, kita tuliskan sintaknya. berikut sintak program login.

#include <stdio.h>
#include <string.h>

int main(){
    char nama[8], pas[8];
    int ulang = 0;

    for(int i=0; i<3; i++){
        printf(" \n           Silahkan login.\n");
        printf("\n Masukkan username anda :");
        scanf("%s", &nama);

        printf("\n Masukkan password anda : ");
        scanf("%s", &pas);

        if ((strcmp(nama,"usersaya")==0)&&(strcmp(pas,"passaya1")==0)) {
            break;
        } else {
            printf("Maaf password atau username anda salah\n");
            ulang = ulang + 1;
        }
    }

    if(ulang<3){
        printf("\n              Anda telah berhasil login.");
    } else {
        printf("Sudah melebihi batas login, tidak bisa login lagi");
    }

}


berikut adalah output dari program diatas:

1. jika memasukkan username dan password dengan benar.



2. jika memasukkan username dan password salah sebanyak 3 kali.